Setelah dibahas tentang pengertian dan jenis-jenis permintaan dalam post sebelumnya, maka sebagai kelanjutan dari pembahasan terkait permintaan atau demand dalam post ini akan dipaparkan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.Permintaan tidak selalu tetap. Permintaan bisa naik atau turun, bertambah atau berkurang. Kita lihat ketika menjelang Idul Fitri permintaan akan pakaian, daging sapi, asesoris rumah, dan aneka kue lebaran akan meningkat. Dan setelah Idul Fitri selesai, permintaan akan barang-barang tersebut akan turun kembali. Demikian pula menjelang tahun ajaran baru, permintaan akan buku tulis, bolpoin, tas sekolah atau sepatu sekolah akan melonjak tinggi, kemudian berangsur-angsur turun kembali bila tahun ajaran baru telah lewat. Ternyata ada banyak faktor yang dapat menyebabkan naik turunnya permintaan.
Salah satunya adalah faktor yang mempengaruhi permintaan adalah harga. Bila harga suatu barang atau jasa naik maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut akan meurun. Mengapa hal ini terjadi? Ya benar, hal tersebut terjadi karena orang pada umumnya tidak suka membeli sesuatu yang harganya tinggi atau mahal. Tetapi sebaliknya, bila harga suatu barang atau jasa turun maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut cenderung akan meningkat, karena orang lebih suka membeli sesuatu dengan harga yang lebih murah. Masih banyak faktor lain yang bisa memengaruhi naik turunnya permintaan.
Berikut akan diuraikan secara rinci faktor-faktor yang memengaruhi permintaan :
a. Faktor Harga Barang atau Jasa
Faktor harga barang atau jasa sangat mempengaruhi jumlah permintaan barang atau jasa itu sendiri, apabila harga suatu barang atau jasa naik maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut akan turun. Dan sebaliknya, bila harga turun maka permintaan akan naik.
b. Faktor Pendapatan
Bila pendapatan pembeli atau konsumen meningkat maka permintaan terhadap barang atau jasa cenderung akan bertambah. Sebaliknya, bila pendapatan menurun maka permintaan terhadap barang dan jasa pun akan berkurang.
c. Faktor Intensitas Kebutuhan
Intensitas kebutuhan adalah mendesak tidaknya suatu kebutuhan. Bila kebutuhan akan barang atau jasa bersifat mendesak maka permintaan akan barang atau jasa tersebut akan meningkat. Contohnya, menjelang musim hujan orang akan terdesak untuk membeli payung dan jas hujan, sehingga permintaan terhadap dua barang tersebut akan meningkat.
d. Faktor Selera
Bila selera konsumen pada suatu barang atau jasa sedang naik, permintaan terhadap barang atau jasa tersebut akan meningkat. Selera remaja yang tinggi pada sepeda motor matic membuat permintaan akan sepeda motor matic meningkat. Demikian pula sebaliknya.
e. Faktor Jumlah Penduduk
Semakin banyak jumlah penduduk, otomatis yang semakin kecil akan menambah permintaan. Sebaliknya, jumlah penduduk dapat mengurangi permintaan. Jumlah penduduk dapat berkurang dengan berbagai cara di antaranya karena bencana alam dan peperangan.
f. Faktor Perkiraan terhadap Harga pada Masa yang akan Datang
Bila diperkirakan harga akan naik pada masa yang akan datang maka konsumen akan cepat-cepat menambah permintaannya sebelum harga betul-betul menjadi naik. Sebaliknya, bila diperkirakan harga akan turun, konsumen cenderung mengurangi permintaannya sambil menunggu harga benar-benar turun.
g. Faktor Perkiraan terhadap Pendapatan pada Masa yang akan Datang
Bila diperkirakan pendapatan akan naik pada masa yang akan datang maka konsumen akan lebih berani menambah permintaannya. Sebaliknya,bila pendapatan diperkirakan akan turun maka konsumen akan mengurangi permintaannya.
h. Faktor Promosi
Bila promosi terhadap suatu barang atau jasa dilakukan secara gencar dan menarik maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut akan meningkat. Sebaliknya, bila promosi sedikit dan tak menarik maka permintaan umumnya akan susah meningkat.
KESIMPULAN
Permintaan terhadap barang atau jasa selalu berubah-ubah kadang mengalami kenaikan kadang mengalami penurunan, kondisi ini disebabkan karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan yaitu harga barang atau jasa itu sendiri, pendapatan, intensitas kebutuhan, selera, jumlah penduduk, perkiraan harga dimasa depan, perkiraan pendapatan dimasa depan, harga barang subtitusi dan haraga barang komplementer serta faktor promosi
ConversionConversion EmoticonEmoticon