Perkenalan Dalam Bahasa Jerman


Hallo,  pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara Perkenalan dalam bahasa Jerman, mari kita simak berikut ini :

Ungkapan salam dalam bahasa Jerman
    Guten Morgen (Selamat Pagi)
    Guten Tag (Selamat Siang)
    Guten Abend (Selamat Sore atau Malam)
    Gute Nacht (Selamat Malam (tengah malam) digunakan saat menjelang tidur)

Untuk menanyakan kabar, kita dapat menggunakan ungkapan berikut:

    Wie geht es Ihnen? (Bagaimana kabar Anda?) --> resmi
    Wie geht es dir? (Bagaimana kabar kamu?) --> akrab
    Wie geht’s? (Apa kabar?)

Dan jawaban untuk kalimat tersebut beragam, diantaranya;
·         Prima, Danke (prima, terima kasih)

·         Sehr gut, Danke (sangat baik, terima kasih)

·         Gut, Danke (kabar baik, terima kasih)

·         Es geht, Danke (lumayan/ biasa saja, terima kasih)

·         Nicht so gut, Danke (tidak begitu baik, terima kasih)

·         Schlecht, Danke (kabar buruk/jelek, terima kasih)

Perkenalan dalam bahasa Jerman - menanyakan nama

Jika kita ingin menanyakan nama seseorang yang lebih tua, atau secara resmi, kita dapat menggunakan fariasi berikut:

    Wie ist Ihr Name? (Siapa nama Anda?)
    Wie heissen Sie? (Siapa nama Anda?)
    Wer sind Sie? (Siapa Anda?)

Untuk menanyakan nama dalam bentuk tidak resmi, dan biasanya ditujukan pada orang yang sebaya dengan kita, fariasi pertanyaan berikut bisa menjadi pilihan:

    Wie ist Dein Name? (Siapa namamu?)
    Wie heisst Du? (Siapa namamu?)
    Wer bist du?? (Siapa kamu?)

Dan untuk menjawabnya, bisa digunakan fariasi berikut:

    Mein Name ist Irfan (Nama Saya Irfan)
    Ich heisse Irfan
    Ich bin Irfan

Selanjutnya bisa disambung dengan kalimat tanya asal dan tempat tinggal dalam suasana resmi/ pada orang yang lebih tua/dihormati

    Woher kommen Sie? (Dari mana asal Anda?)
    Wo wohnen Sie? (Dimana Anda tinggal?)

Menanyakan asal dan tempat tinggal dalam suasana akrab

    Woher kommst du? (Dari mana asal kamu?)
    Wo wohnst du? (Kamu tinggal dimana?)

Dijawab:

    Ich komme aus Indonesien
    Ich wohne in Tangerang

Perkenalan dalam bahasa Jerman untuk orang ke tiga

Menanyakan nama

·         Wer ist das? (siapa itu?)

·         Wie heisst er? (siapa namanya (laki-laki))

·         Wie heisst sie? (siapa namanya (perempuan))

Jawabannya:

·         Er ist Franz

·         Sie ist Bertha

Menanyakan asal dan tempat tinggal

·         Woher kommt er/sie?

·         Wo wohnt er/sie?

Jawabannya:

·         Er/sie kommt aus Tangerang, Indonesien

·         Er/sie wohnt in Tangerang, Indonesien




Berikut contoh percakapan perkenalan dalam bahasa Jerman

Irfan          :   Guten Morgen! (Selamat Pagi!)

Franz         :   Guten Morgen. (Selamat Pagi)

Irfan          :   Wie geht es Ihnen? (Bagaimana kabar Anda?)

Franz         :   Danke, gut. Und Ihnen? (Baik, terimakasih. Dan Anda?)

Irfan          :   Es geht mir auch gut, Danke (kabar saya juga baik, terima kasih) Übrigens, ich heisse Irfan Hakim, mein Rufname ist Irfan, wie heissen Sie/ (ngomong-ngomong, nama saya Irfan Hakim, nama panggilan saya Irfan, siapa nama Anda?

Franz         :   Mein Name ist Franz. Franz Glasl (nama saya Franz, Franz Glasl)

Irfan          :   Woher kommen Sie Herr Glasl? (dari mana asal Anda pak Glasl?)

Franz         :   Ich komme aus Deutschland. Ich wohne in München. Und Sie? Woher kommen Sie? Wo wohnen Sie? (Saya berasal dari Jerman. Saya tinggal di München. Dan Anda? Anda berasal dari mana? Di mana Anda tinggal?)

Irfan          :   Ich komme aus Indonesien, und ich wohne in Ampenan, Lombok, in der Nähe von Mataram. (Saya berasal dari Indonesia, dan saya tinggal di Ampenan, Lombok, di dekat Mataram). Sind Sie oft hier? Was sind Sie von Beruf? (apakah Anda sering kesini? apa pekerjaan Anda?)

Franz           :   Ich bin Geschäftsmann, ich bin Exporteur, ich exportiere Kunsthandwerk und Möbel, deshalb besuche ich Lombok ein oder zwei Mal pro Jahr. Lombok finde ich sehr schön. Und Sie? Was sind Sie von Beruf? (saya pengusaha, saya eksportir, saya mengekspor kerajinan tangan dan mebel, oleh karena itu saya mengunjungi Lombok satu atau dua kali setiap tahun. Lombok menurut saya sangat indah. Dan Anda? Apa pekerjaan Anda?)

Irfan          :   Ich bin Computer-Programmierer von Beruf (saya bekerja sebagai computer programmer)

Franz           :   Sehr Interessant, Darf ich Ihre Telefonnummer haben? (menarik sekali, boleh saya minta nomor telepon Anda?)

Irfan          :   Natürlich Herr Glasl, 087864655818. Und Sie? Wie ist Ihre Telefonnummer? (tentu saja pak Glasl, 087864655818. Dan Anda? Berapa nomor telepon Anda?

Franz           :   0987235713, Entschuldigung Herr Hakim, ich muss jetzt zum Büro fahren. Es freut mich Ihnen kennenzulernen. Aufwiedersehen (0987235713, maaf pak Irfan, saya harus pergi ke kantor sekarang, saya senang berkenalan dengan Anda. Sampai jumpa)

Franz           :   Aufwiedersehen. (Sampai jumpa)
Previous
Next Post »